9

7 Nama Berebut Tiket Cawabup Sumenep dari PDIP

  • Bagikan
7 Nama Berebut Tiket Cawabup Sumenep dari PDIP
7 Nama Berebut Tiket Cawabup Sumenep dari PDIP

Sumenep, Madura Update – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep tahun 2024 sudah di depan mata. Beberapa nama sudah mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati atau Wakil Bupati ke partai politik, salah satunya ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua Desk Pilkada PDIP Sumenep, Zainal Arifin, mengungkapkan, para bakal calon Bupati atau Wakil Bupati yang sudah mendaftar ke PDIP hingga saat ini sebanyak tujuh orang.

Uniknya, 7 orang tersebut semuanya mendaftar sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Sumenep dan berharap menjadi pendamping Achmad Fauzi Wongsojudo di periode keduanya.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran DBD, DPRD Sumenep Minta Dinkes Sinergi dengan Pemerintah Desa

7 nama yang mendaftar sebagai Bacawabup ke PDIP tersebut yakni :

1. Herman Dali Kusuma (Mantan Ketua DPRD Sumenep Periode 2014-2019)
2. Nurfitriana Busyro (Istri Mantan Bupati Sumenep 2 Periode, Busyro Karim)
3. H. Faisal Mukhlis (Ketua DPD PAN Sumenep)
4. Samsul Arifin (Kepala Desa Tambaagung Barat)
5. H. Dewi Khalifah (Wakil Bupati Sumenep aktif periode 2019-2024)
6. Hamid Ali Munir (Ketua DPRD Sumenep aktif periode 2019-2024)
7. Kiai Ahmad Qusyairi Zaini (Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Ulum Utara, Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding).

Baca Juga :  Hapus Stigma Negatif, KH Qusyairi Zaini Daftar Bacawabup ke PDI Perjuangan

“Sementara untuk Bacabup hanya satu orang yaitu ketua DPC PDIP Sumenep yang juga Bupati Sumenep saat ini Achmad Fauzi Wongsojudo,” kata Zainal.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024 lalu, PDIP berhasil memperoleh 11 kursi di DPRD Sumenep. Dengan hasil itu, partai berlambang banteng ini bisa mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep meski tidak berkoalisi dengan partai lain.

Namun demikian, lanjut Zainal, semakin banyak kursi yang didapatkan PDIP tidak akan membuat sombong. Justru akan semakin tunduk atas titah (perintah) yang ada.

Baca Juga :  Masuk Bursa Cawabup 2024, Cak Mulyadi: Fokus Mengabdi di Dapil 6

“Bukan kami dengan 11 kursi akan sombong dan tidak akan berkoalisi dengan partai lain, tidak. Kami butuh dengan partai lain ke depan. Kami siap berkoalisi dengan partai lain termasuk PKB dan PPP,” tutur Zainal.

Untuk diketahui, DPC PDIP Sumenep membuka pendaftaran Bacalon bupati dan wakil bupati sejak tanggal 12 April 2024 hingga ditutup pada tanggal 18 Mei 2024.

Sementara semua berkas yang sudah masuk ke Desk Pilkada PDIP Sumenep akan diserahkan ke DPP PDI Perjuangan pada 20 Mei 2024. (mad/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *