9

HPN 2022, Sekjen DPP PWRI : Momentum Perbaiki Kualitas Jurnalisme

  • Bagikan
HPN 2022, Sekjen DPP PWRI : Momentum Perbaiki Kualitas Jurnalisme
HPN 2022, Sekjen DPP PWRI : Momentum Perbaiki Kualitas Jurnalisme

Jakarta, MaduraUpdate.com – Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPP PWRI) D. Supriyanto JN berharap peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 menjadi momentum bagi industri pers nasional dalam meningkatkan kualitas insan pers dan memperbaiki kualitas jurnalisme.

Menurutnya, industri pers nasional memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui karya jurnalistik yang baik.

Selain itu, insan pers juga dituntut untuk memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme.

“Mari kita jadikan momentum Hari Pers Nasional 2022 ini untuk berbenah diri. Insan pers harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup agar mampu menganalisa setiap persoalan secara jernih,” kata pria yang akrab disapa Jagad ini kepada awak media.

Baca Juga :  ZAP Clinic Raih Penghargaan Best in Industry Tahun 2021

Menurutnya, peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini harus menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas jurnalisme di tanah air, di tengah persaingan ketat membanjirnya perusahaan media online.

“Jangan terjebak pada jurnalisme yang lepas kontrol, yang hanya mengejar viewer dengan mengabaikan kualitas informasi yang disajikan. Hindari membuat judul yang sensasional tanpa cover both side, sehingga bisa menyesatkan publik,” ujarnya.

Meski ditengah persaingan industri media merupakan hal yang wajar jika perusahaan media berlomba-lomba mendapatkan viewer terbanyak, namun hendaknya persaingan itu harus diimbangi dengan penyajian informasi yang valid, aktual dan berimbang.

Baca Juga :  Kapolri Perintahkan Seluruh Kapolda Berantas Aksi Premanisme

“Pers ini memiliki peran strategis untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Pers harus selalu menyampaikan informasi yang obyektif dan membangun serta mengedukasi masyarakat,” kata pendiri kantor berita strateginetwork ini.

D. Supriyanto menegaskan, pers harus menunjukkan perannya dalam membantu program pemerintah, dan berada di garda terdepan dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemberitaan yang mengedukasi masyarakat.

“Peran pers yang strategis ini harus kita jaga bersama. Pers Indonesia harus menjadi garda terdepan untuk menyuarakan pesan-pesan pembangunan,” imbuhnya. (*)

Baca Juga :  Yusril Mundur dari Jabatan Ketua Umum PBB, Ini Penggantinya
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *