Kotak Suara di Pemilu 2024 Gunakan Bahan Kardus

  • Bagikan
Kotak Suara di Pemilu 2024 Gunakan Bahan Kardus
Kotak Suara di Pemilu 2024 Gunakan Bahan Kardus

Nasional, Madura Update – Kotak suara pada gelaran Pemilu 2024 mendatang akan kembali menggunakan bahan kardus.

Hal itu ditegaskan oleh Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat. Ia mengungkapkan, keputusan itu diambil karena mempertimbangkan ketersediaan anggaran.

“Iya (akan pakai kardus lagi), kami mempertimbangkan menempuh kebijakan kotak suara yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan pemilu 2024 berbahan karton duplex kedap air seperti di Pemilu 2019,” ujarnya seperti dilansir dari detikcom.

Meski terbuat dari kardus, pihaknya memastikan kotak suara tersebut akan diperkuat dari sebelumnya. Diketahui, pada pemilu 2019, KPU juga menggunakan kotak suara berbahan kardus.

Baca Juga :  Kunker ke Jatim, Ini Agenda Presiden Jokowi

“Namun dari spesifikasi barangnya, besok akan kami perkuat, sehingga lebih kokoh dan tidak mudah rusak,” katanya.

Sudrajat menambahkan, selain pertimbangan anggaran, dibuatnya kotak suara dari bahan kardus juga lantaran adanya keterbatasan gudang penyimpanan. Dia mengatakan kotak suara tersebut akan dilelang setelah pemilu selesai digelar.

“Hal tersebut (kotak suara kardus), karena pertimbangan efisiensi anggaran, keterbatasan tempat gudang penyimpanan,” ungkapnya.

“Kotak dan bilik setelah pemilu selesai akan kami lelang dan hasilnya kami setorkan kepada kas negara,” imbuhnya. (Kayla/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *