9

Ciptakan Kondisi Kamtibmas, Polres Sumenep Gelar Pelatihan Satkamling

  • Bagikan
Ciptakan Kondisi Kamtibmas, Polres Sumenep Gelar Pelatihan Satkamling
Ciptakan Kondisi Kamtibmas, Polres Sumenep Gelar Pelatihan Satkamling

Sumenep, Madura Update – Dalam rangka menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, Polres Sumenep menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling).

Wakapolres Sumenep Kompol Trie Sis Biantoro mengatakan, seluruh perwakilan Satkamling dari beberapa kecamatan di wilayah daratan kabupaten Sumenep diberi pelatihan khusus soal penanganan kejahatan maupun gangguan kamtibmas lainnya.

“Kami memberikan pelatihan bagaimana dan apa yang harus dilakukan bila terjadi tindak kejahatan, kebakaran, maupun kecelakaan lalu lintas. Dengan penanganan yang tepat ini akan berdampak positif terhadap penanganan selanjutnya,” ujar Wakapolres Sumenep, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga :  Hendak Transaksi Narkoba, Oknum Satpam PLN di Sumenep Diringkus Polisi

Menurutnya, untuk memaksimalkan pendidikan dan pelatihan, Polres Sumenep menghadirkan langsung mentor dari instansi yang berkompeten.

Untuk penanganan kebakaran pihaknya mendatangkan tim Damkar Sumenep, TPTKP kecelakaan lalu lintas langsung ditangani Satlantas, sedangkan TPTKP tindak pidana dibimbing langsung oleh Satreskrim Polres Sumenep.

Wakapolres Sumenep menjelaskan pelatihan itu penting karena berbagai gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sehingga pengetahuan yang cukup dari tim pengaman lingkungan akan membantu tugas aparat kepolisian.

“Rasio Polisi dan masyarakat di Sumenep saat ini masih cukup tinggi. Keterbatasan petugas dalam pengelolaan kamtibmas akan terbantu dengan keberadaan Satkamling ini,” ujarnya.

Baca Juga :  OJK - LSAI Gencar Lakukan Sosialisasi Literasi Keuangan Kepada Masyarakat

Pihaknya berharap ilmu yang didapatkan di Polres Sumenep tersebut akan ditularkan kepada petugas keamanan lingkungan maupun masyarakat,” tutupnya. (dum/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *