9

Tingkatkan Pemahaman Literasi Keuangan, BPRS Bhakti Sumekar Gelar Sosialisasi Kepada Masyarakat

  • Bagikan
Tingkatkan Pemahaman Literasi Keuangan, BPRS Bhakti Sumekar Gelar Sosialisasi Kepada Masyarakat
Tingkatkan Pemahaman Literasi Keuangan, BPRS Bhakti Sumekar Gelar Sosialisasi Kepada Masyarakat

Sumenep, Madura Update – Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Sumenep menggelar Talkshow Sosialisasi Literasi Keuangan, Kamis 23 Februari 2023.

Acara yang ditempatkan di Hotel C1 Sumenep ini melibatkan nasabah BPRS Bhakti Sumenep, kelompok masyarakat, dan instansi di lingkungan Pemkab Sumenep sebagai peserta.

Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar, mengungkapkan, memberikan pemahaman tentang literasi keuangan kepada masyarakat merupakan kewajiban industri jasa keuangan atau Perbankan.

Tujuannya agar masyarakat mempunyai pemahaman yang mumpuni tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Hari Bumi 2022, SKK Migas - Medco Energi Lakukan Penanaman Pohon di Sumenep

“Sehingga pengambilan keputusan dalam berinvestasi melakukan penabungan dan membelanjakan keuangannya secara tepat dimasa yang akan datang,” katanya saat dikonfirmasi media.

Fajar menjelaskan, antara literasi keuangan dan inklusi keuangan masih terjadi gap yang cukup besar.

Berdasarkan data, lanjut Fajar, perbandingan  indeks literasi dan inklusi keuangan tahun 2019 dan 2022. Indeks literasi tahun 2019 38.03 persen sedangkan 2022 49,68 persen.

Untuk inklusi tahun 2019 76,19 persen tahun 2022 85,10 persen. Tentu punya gabnya antara literasi dan inklusi sekitar 38,16 persen tahun 2019 dan 35,42 persen 2022.

Baca Juga :  Wujudkan Pelajar Gemar Menabung, BPRS Bhakti Sumekar Luncurkan Program Berani Simpel

Artinya, tingkat penggunaan produk keuangan sudah tinggi, sementara pemahaman dalam pengelolaan keuangan perlu didorong agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan.

“Bisa berakibat kerugian dalam berinvestasi,” jelas Fajar.

Ia menambahkan, narasumber yang dihadirkan dalam sosialisasi tersebut adalah Direktur Bisnis BPRS Bhakti Sumekar, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edy Rasyiadi dan kepala BPPKAD Sumenep.

“Kebetulan sekarang yang kita ajak adalah mitra nasabah bekerja sama dengan BPRS Bhakti Sumekar sebagai wujud bagaimana ke depan mereka semakin kuat literasi keuangannya (Well Literate),” pungkas Fajar. (mad/kara)

Baca Juga :  Syamsul Arifin Nahkodai PWI Sumenep Periode 2022-2025
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *