9

Polisi Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Arya Wiraraja

  • Bagikan
Polisi Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Arya Wiraraja
Polisi Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Arya Wiraraja

Sumenep, Madura Update Puluhan sopir bus antar kota di Terminal Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, dites urine aparat kepolisian setempat, Jumat (14/7/2023).

Giat tes urine bagi sopir bus tersebut dipimipin langsung Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko didampingi Kasat Lantas AKP Alimuddin Nasution, Kasat Narkoba AKP Sugiarto, Kasat Binmas Iptu Abd Kohar, Kasi Humas Akp Widiarti dan Kasi Dokkes Aiptu Eko Agus Setiawan.

Test urine tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2023.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko mengatakan, test urine bertujuan untuk mengantisipasi jika ada sopir bus menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba) dan minuman keras yang dapat merugikan serta membahayakan penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga :  Hoax Lomba Carok di Sumenep, Humas Polres : Pelaku Asal Surabaya

“Test ini guna mengantisipasi penggunaan narkoba dan minuman beralkohol di kalangan sopir bus,” ujarnya, Jumat (14/7/2023).

Ia menjelaskan, tes urine ini dilakukan utamanya kepada para sopir bus luar kota atau angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) untuk menjaga keselamatan jiwa penumpang.

Tes urine bertujuan mencegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari kedepan mulai tanggal 10 s/d 23 Juli 2023 dengan tema “Patuh dan Tertib Berlalulintas Cermin Moralitas Bangsa”.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian Emas di Pasar Lenteng Diringkus Polisi

Selain dites urine, para sopir juga diperiksa tekanan darahnya.

“Bagi pengemudi yang mengalami gangguan kesehatan (tekanan darah tinggi) dalam batas normal akan diberi obat, sedangkan yang sehat kami beri vitamin untuk menambah stamina,” ujarnya.

Sementara, Kasat Lantas AKP Alimuddin Nasution menambahkan test urine para sopir akan dilakukan secara random dan mendadak. Sewaktu – waktu kami datang kembali.

Kasat Lantas AKP Alimuddin Nasution berharap dengan pemeriksaan urine, kondisi kesehatan para sopir dapat terpantau yang muaranya dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga :  Pelaku Begal Payudara dan Pantat Asal Rubaru Ditangkap Polisi

Ia menambahkan, sasaran Operasi Patuh Semeru 2023 yaitu, penggunaan helm SNI untuk pengendara roda dua, batas kecepatan, melawan arus, pengendara di bawah umur, berkendara dalam pengaruh alkohol dan berkendara menggunakan handphone.

“Selain itu pengemudi roda empat yang tidak memakai safety belt serta Over Dimensi Over Loading (ODOL) muatan roda empat atau lebih,” pungkasnya. (Dum/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *