Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial

  • Bagikan
Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial
Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial

Oleh : Zainal Abidin (*)

Opini, Madura Update – Pendidikan Pancasila adalah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, Pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pendidikan Pancasila merupakan pendidikan ideologi di Indonesia.Tujuan pendidikan Pancasila untuk membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Baca Juga :  Satu Tahun Bupati Achmad Fauzi

Sedangkan di era milenial saat ini, generasi muda kita sangat terpengaruh oleh budaya asing, Dan meraka lebih bangga berperilaku seperti orang dinegara asing yang sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai pancasila.
Karna pada zaman ini kita sudah dijajah oleh negara asing melalui generasi milenial yang ada di Indonesia, baik secara pehaman maupun pengetahuannya.

Budaya luar yang masuk ke negara kita sangat kuat sehingga banyak dari generasi milenial yang terpengaruh olehnya. Kita sebagai generasi milenial harus mampu membentengi diri kita agar supaya kita tidak Terpengaruh oleh negara luar. Maka dari itu pendidikan pancasila hadir dan berfungsi sebagai benteng bagi kita agar suapaya kita dapat membentengi diri kita dari pengaruh negara luar.

Baca Juga :  Sukses SK Inpassing Ikhtiar FGSNI Sampai Akhir

Sebagai generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai 2000, milenial memiliki hubungan yang dekat dengan teknologi. Mereka tumbuh besar di saat perkembangan IPTEK berkembang pesat. Oleh karena itu, generasi milenial merupakan generasi dengan tingkat penggunaan internet sangat tinggi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *