9
Daerah, MDR  

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo Apresiasi Festival Cipta Lagu Musik Tong-tong

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo Apresiasi Festival Cipta Lagu Musik Tong-tong
Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo Apresiasi Festival Cipta Lagu Musik Tong-tong

Sumenep, Madura Update – Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengapresiasi pelaksanaan festival cipta lagu musik tong-tong yang berlangsung di Lapangan Gotong Royong, Jumat (4/8/2023).

Menurutnya, festival ini akan memotivasi para musisi atau kelompok musik tong-tong untuk terus berkarya dan berinovasi dalam menciptakan lagu.

“Kegiatannya menjadi sarana untuk menunjukkan bakat dan talenta para musisi musik tradisional dalam menciptakan karya yang syarat dengan nilai-nilai kekhasan dan kearifan lokal,” katanya.

Festival cipta lagu musik tong-tong diadakan oleh Forum Komunikasi Putera-Puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI/Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep selama dua hari mulai 04 hingga 05 Agustus 2023, di Lapangan Gotong Royong.

Baca Juga :  DPRD Sumenep Gelar Paripurna Penyampaian Pendapat Bupati Atas Tiga Raperda Prakarsa DPRD

Festival ini dibuka langsung oleh Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo dengan memainkan musik tong-tong bersama.

“Festival ini tentu akan melahirkan talenta musisi musik tradisional yang produktif,” ungkap Bupati Haji Fauzi.

Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep ini menambahkan, festival cipta lagu musik tong-tong ini juga akan menjadi sarana mempromosikan potensi Kabupaten Sumenep.

Pasalnya setiap peserta wajib membawakan ciptaannya sendiri dengan lirik lagu berbahasa Madura dan tema mengangkat tentang wisata, seni budaya dan kuliner.

“Yang jelas, acara ini bagian mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya dan kuliner dalam bentuk musik dan lagu yang bernuansa tradisional maupun kontemporer,” ungkapnya.

Baca Juga :  9 Rumah di Jabung Ambruk Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Bupati menegaskan, pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan festival ini sebagai ikhtiar untuk melestarikan kesenian tradisional yang merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Sumenep.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya festival ini akan mampu memacu semakin banyak karya dan kreasi musisi musik tradisional ini.

“Kami mengapresiasi peserta yang telah ikut memeriahkan festival ini, mudah-mudahan musik tong-tong semakin dicintai masyarakat Kabupaten Sumenep dan Madura pada umumnya,” pungkasnya. (sk/kara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *