Bupati Achmad Fauzi Pastikan Bantuan Bahan Pangan Segera Dikirim ke Masalembu

  • Bagikan
Bupati Achmad Fauzi Pastikan Bantuan Bahan Pangan Segera Dikirim ke Masalembu
Bupati Achmad Fauzi Pastikan Bantuan Bahan Pangan Segera Dikirim ke Masalembu

Sumenep, Madura Update – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi memastikan bantuan bahan pangan akan segera didistribusikan ke Masalembu.

Pengiriman bantuan bahan pangan tersebut nantinya akan menggunakan armada dari TNI Angkatan Laut (AL).

Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep itu mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Provinsi Jawa Timur serta Koarmada II terkait bantuan bahan pangan ke Masalembu.

Akan tetapi, pendistribusian tersebut masih harus menunggu instruksi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga :  Bupati Minta Perwosi Sumenep Berperan Aktif Lahirkan Atlet Berprestasi

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim dan Dinas Sosial provinsi. Kami sepenuhnya siap (pendistribusian logistik), tinggal menunggu Gubernur. Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan,” kata Bupati Fauzi, Selasa (28/2/2023).

Politisi PDIP ini menjelaskan, pendistribusian bantuan berupa logistik dan beras belum bisa dilakukan lantaran belum mengantongi izin syahbandar.

Dalam suratnya, syahbandar menyatakan pelayaran baru bisa dilakukan setelah tanggal 2 Maret 2023.

Namun demikian, pihaknya memastikan Pemkab Sumenep terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera menyalurkan bantuan ke Pulau Masalembu.

Baca Juga :  Polda Jatim Grebek Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya dan Sidoarjo

“Saya sudah instruksikan kepada jajaran untuk segera menyiapkan bantuan dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait. Ini agar masyarakat Masalembu segera mendapatkan bantuan, juga kelangkaan bahan pangan bisa segera diselesaikan,” tutur Fauzi.

Ia menegaskan penyaluran bantuan ke Masalembu harus segera dilakukan untuk meringankan kebutuhan masyarakat.

“Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan, maka bantuan harus cepat kita berikan. Menurut kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, pada dasarnya (pendistribusian bantuan) sudah siap. Tinggal menunggu gubernur,” ujar Fauzi.

Sebagai informasi, pasokan kebutuhan pokok ke Masalembu tersendat lantaran kapal-kapal pengangkut logistik tidak bisa berlayar akibat cuaca buruk. Kondisi ini sudah terjadi sekitar dua pekan ke belakang.

Baca Juga :  Polda Jatim Siap Kawal Demo Buruh di Surabaya

Akibatnya, masyarakat di Masalembu kesulitan untuk mendapatkan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (mad/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *