9

Inovatif, Disbudporapar Sumenep Terapkan Pembayaran Digital di Tempat Wisata

  • Bagikan
Inovatif, Disbudporapar Sumenep Terapkan Pembayaran Digital di Tempat Wisata
Inovatif, Disbudporapar Sumenep Terapkan Pembayaran Digital di Tempat Wisata

Sumenep, Madura Update – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep menerapkan pembayaran digital menggunakan QR-Code Indonesian Standard (QRIS) saat melakukan pemungutan retribusi di tempat wisata.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh Iksan mengungkapkan, penerapan pembayaran digital ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan saat melakukan pembayaran tiket maupun sewa fasilitas olahraga sehingga lebih cepat dan efisien.

”Para pengunjung dan penyewa yang tidak membawa uang tunai bisa langsung menggunakan QRIS,” ujarnya.

Iksan menjelaskan, penerapan pembayaran digital di tempat wisata ini terwujud merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Sumenep dengan Bank Jatim.

Baca Juga :  Parade Musik Tong-Tong Tingkatkan Perekonomian dan Lestarikan Budaya

Iksan juga mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pembayaran digital ini sehingga terbiasa membayar secara non tunai.

“Selain pembayaran digital ini kami juga tetap melayani pembayaran secara tunai. Karena tidak semua wisatawan memiliki M-Banking,” ujarnya.

Mantan kepala Dinas Sosial ini menambahkan, diterapkannya pembayaran digital menggunakan QRIS ini membuktikan Pemkab Sumenep terus melakukan inovasi di segala sektor.

Apalagi, dengan pembayaran digital ini, lanjut Iksan, pihaknya bisa memonitoring dan mengetahui capaian PAD setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap tahun.

Baca Juga :  Deklarasi Damai Pilkades Serentak, Ini Pesan Bupati Fauzi kepada Para Cakades

”Mempermudah kami memonitor capaian PAD di sektor pariwisata maupun penyewaan fasilitas olahraga,” pungkasnya. (mad/kara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *